- Setiap Object (obyek) dibangun dari sekumpulan data (atribut) yang disebut "variabel" (untuk menjabarkan karakteristik khusus dari obyek) dan juga terdiri dari sekumpulan method (menjabarkan tingkah laku dari obyek) atau Obyek adalah = sebuah perangkat lunak yg berisi sekumpulan variabel dan method yg berhubungan. Obyek merupakan sebuah instance (keturunan) dari class. Variabel dan method diketahui sebagai. variabel instance dan method instance.
- Mendefinisikan kelas baru
hanya akan membuat pola
(template) dan tipe data
baru bukan objek baru.
- Mendeklarasikan Objek
digunakan sebagai.referensi ke
objek yang bersangkutan.
„« Menginstansiasi class dengan menggunakan operator 'new'
atau „« Melalui objek k dapat mengakses

- Mengakses Data
„« Mengisikan data dari
class kotak yaitu
panjang, lebar dan tinggi
- Class Kotak
Demo Kotak1
Demo Kotak2
- Variabel dan method diketahui sebagai variabel instance dan method instance.
- untuk mencetak Volume.
Semua method dalam suatu class dapat mengakses data-datanya secara langsung tanpa
melalui referensi. Pemanggilan method dilakukan dengan menuliskan objek pemiliknya
dan diikuti oleh operator titik (.) beserta nama method yang akan dieksekusi.
Untuk memanggil method adalah:
k1.cetakVolume;
k2.cetakVolume;
k3.cetakVolume;
berikut contoh programnya
Untuk method dalam proses perhitungan (mengembalikan nilai), contoh akan menghitung
volume. Tambahkan statemen di bawah ini ke dalam listing program 7-4.
double hitungVolume() {
double vol = panjang * lebar * tinggi;
return vol;Methode mengembalikan tipe double
Mendefinisikan methode dengan parameter
Demo Referensi1
Demo Referensi2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar